Membuat Headset Ponsel

Banyak cara untuk membuat orang tertarik memiliki sebuah ponsel. Salah satunya adalah dengan menekan harga jual sedemikian murahnya. Sebagai contoh adalah ponsel-ponsel CDMA. Ponsel dengan harga murah tersebut bahkan sudah memiliki speaker eksternal bila komunikasi dilakukan ditengah keramaian.

"Membuat Headset Ponsel"
Ponsel CDMA merek ZTE

Bahan dan Alat:
1. Kabel tipis
2. Konektor female
3. Konektor male yang berasal dari headset
4. Solder listrik
5. Timah solder
6. Pisau tajam/cutter/gunting

Langkah Pengerjaan:
1. Buka chasing belakang ponsel, buka bautnya dengan menggunakan obeng kecil. Pada sisi keliling ponsel di unplug menggunakan kuku.
2. Buka juga baut bagian dalamnya. Keluarkan speaker dan vibrator dari tempatnya. Speaker dan vibrator ini hanya diletakkan dengan double tape sebagai perekatnya.
3. Solder kabel tipis pada bagian sambungan speaker. Kabel ini nantinya akan disambungkan ke konektor female.
4. Buat lubang menggunakan solder yang disesuaikan dengan kaki-kaki yang terdapat pada konektor female. Kemudian pasang konektor female.
5. Sambungkan kabel yang berasal dari jalur speaker ke konektor female. Sebaiknya putuskan kabel menuju speaker built in dengan menggunakan gunting. Tentu saja ini dilakukan bila tidak menginginkan speaker built in. Dan bila suatu saat kita menginginkannya kembali, kita masih dapat menyambungkannya seperti semula.
6. Tutup kembali chasing dengan menutup bagian tempat speaker dan vibrator, pasangkan baut-bautnya.
7. Ambil haeadset, potong kabelnya dan ambil hanya jalur untuk speaker saja. Sambungkan konektor male tersebut pada konektor female. Hidupkan ponsel, lakukan panggilan dan aktifkan speaker. Bila terdengar suara, berarti pekerjaan telah selesai. Bila tidak terdengar suara, cek kembali tempat solder kabel-kabel yang ada.

0 komentar: